Cegah Kerugian Negara, Pemkab Seluma Bentuk Satgas Dan Gandeng BPKP

RealitaBengkulu.co.id, SELUMA – Pemda Kabupaten Seluma melaksanakan peresmian Pembentukan Satgas Investigatif Pada Inspektorat Kabupaten Seluma kerjasama dengan perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Acara peresmian Satgas Investigatif di pimpin oleh Sekda Seluma Irihadi yang diikuti oleh tim auditor Inspektorat Kabupaten Seluma dan perwakilan BPKP provinsi. Peresmian dilakukan di ruang rapat Bupati Seluma Jumat (02/06/2017).
“Agar semua yang berurusan dengan uang negara dapat diawasi dengan baik. Termasuk serapan anggaran di desa agar berjalan sesuai peraturan,”kata Irihadi​.
Sementara itu, Kepala BPKP Provinsi Bengkulu Bram Brahmana menyebutkan, tujuan dibentuknya Satgas agar tim auditor inspektorat kabupaten Seluma mampu menyelesaikan banyak temuan dalam pengawasan serapan anggaran Kabupaten ini.
“Mengenai tindak lanjut. Tergantung apa yang ditemukan, jika persoalan administratif maka dapat diselesaikan secara internal dengan tetap berpedoman pada aturan, misalnya ada kerugian negara, harus dikembalikan. Namun jika terbukti melanggar hukum maka akan di rekomendasikan ke penegak hukum,”jelasnya.
Kata dia, bidang audit dan pengawasan merupakan tugas inspektorat hanya saja inspektorat kabupaten Seluma belum memiliki Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) sehingga dianggap perlu membentuk Satgas Investigatif.
“Kedepannya kita yakin akan ada SOTK inspektorat kabupaten Seluma. Tim auditor tetap melakukan audit investigasi. Dengan adanya Satgas ini nantinya dapat membantu mempermudah kerja Satgas Saber Pungli,”bebernya.
Pembentukan Satgas Audit Investigatif sesuai SK sekda Seluma nomor 900-40 tahun 2017 dengan jumlah Satgas sebanyak 13 orang auditor. Turut hadir dalam acara ini, Kasi Pidsus Kejari Seluma Condro Mahariayanto. Kasat Reskrim polres Seluma AKP Margopo dan beberapa kepala OPD Kabupaten ini.[AN/E02]

Leave a Reply