Inilah Gelar Adat Yang Disiapkan BMA Untuk Istri Rajo Aryo Pasak Bumei

RealitaBengkulu.co.id, REJANG LEBONG – Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, menyebutkan telah menyiapkan 3 nama gelar adat untuk istri Bupati Dr. Ahmad Hijazi, SH. M,Si, yang direncanakan akan diberikan pada saat momen perayaan HUT Kota Curup 137 disalah satu rangkaian sakral Kedurai Agung yang dipusatkan di Lapangan Setia Negara Curup.

Ditemui wartawan beberapa waktu lalu di Kantor BMA Rejang Lebong jalan Merdeka Curup, Herman Firnadi, S.Sos, menjelaskan proses pemilihan nama gelar istri Rajo Aryo Pasak Bumei terbilang alot dalam tim perumus pemberian gelar adat. Tidak asal gelar diberikan dan harus memiliki arti dalam setiap nama yang bakal diusulkan kepada Rajo.

“Yang jelas pak Bupati minta pemberian nama gelar adat istri Rajo harus memiliki makna sesuai dengan karakter istrinya. Jadi kita tidak asal memberi nama gelar adat yang memang sangat sakral bagi istri Rajo,” ujarnya.

Sesuai dengan hasil rapat yang dilaksanakan BMA Kabupaten sebanyak 2 kali menghasilkan 11 nama gelar ratu diantaranya, Ratu Putri Dayang Sriban, Ratu Penyayang Sirih Agung, Ratu Putri Mayang Sarih, Ratu Putri Rigining, Putri Penanti, Nyai Penimo, Mayang Sari, Putri Serindang Bulan, Ratu Kencana Ungut, Ratu Dayang Pengasoak, Ratu Dayang Putri Ungut. Dari semua nama yang diusulkan masing-masing anggota BMA akhirnya disepakati sebanyak 3 nama yang akan diajukan kepada Bupati untuk dipilih.

“Ketiga nama yang kami ajukan diantaranya, Ratu Putri Dayang Sriban, Ratu Penyayang Sirih Agung dan Ratu Putri Mayang Sirih. Ketiganya sudah memiliki arti yang sangat lekat dengan karakter Bunda Fitri Hertikasari Hijazi, SE. Saat ini kami masih menunggu kedatangan pak BUpati yang sampai saat ini masih dinas luar mungkin dalam waktu dekat ini sudah kembali ke Rejang Lebong,” paparnya.[SAS/E01]

Leave a Reply