Kok Bisa PNS Terlilit Utang Terancam Dipecat! Inilah Sebabnya

RealitaBengkulu.co.id, SELUMA – Lantaran banyak berhutang dengan mitra kerja ataupun kerabat dekat, salah seorang staf PNS di yang bertugas di Disporapar Seluma bernama Noveri S. HUT  terancam dipecat. Ini lantaran Noveri yang sebelumnya pernah menjabat kepala Bidang di sejumlah satuan kerja ini, sudah lama tak masuk kerja di kejar-kejar orang untuk menagih hutang.

” Ya, yang bersangkutan sudah lama tidak masuk kerja. Sejauh ini belum tahu dimana keberadaannya, sebab sudah tidak ada kabar berita. Nomor hand Phonenya juga sudah tak aktif dan selalu berganti” ujar Plt Kepala Disporapar Seluma Rijono S.Pd, dikonfirmasi Selasa (23/05/2017) petang.

Dikatakan Rijono, sudah sekitar 1,5 bulan yang bersangkutan tak masuk kerja tanpa keterangan, setelah sebelumnya juga sempat mengajukan cuti selama 12 hari.”Itu belum termasuk cuti 12 hari dengan alasan sakit” ujarnya.

Menindaklanjuti hal tersebut, Rijono mengaku telah melayangkan mengkoordinasikan hal itu ke Pihak Inspektorat dan telah diterbitkan surat peringatan pertama.”Surat Peringatan pertama sudah kita terbitkan sejak seminggu yang lalu. Jika belum ada tindaklanjut dari yang bersangkutan akan ada surat peringatan ke dua dan ketiga untuk selanjutnya kita serahkan ke Inpekspektorat untuk di tidaklanjuti. Tidak menutup kemungkinan akan ada sanksi berat hingga sanksi pemecatan” ujar Rijono.

Tidak hanya malas masuk kerja, diakui Plt Kepala dinas, Tunjangan Pertambahan Penghasilan (TPP) tak dapat dicairkan.”Dia tak dapat TPP, karena selain malas masuk kerja juga masih ada masalah aset kendaraan bermotor dan satu unit laptop milik Dinas Kehutanan dimana tempat ia bekerja sebelumnya” ujarnya.

Kondisi itu juga diakui sejumlah rekan kerja satu kantor lainnya. Menurut informasinya, Yang bersangkutan selain malas, juga jarang masuk kerja.”Kalaupun masuk kerja, bawaannya gelisah. Kalau lihat tamu datang, langsung cemas, lari dan bersembunyi” ujar salah seorang PNS yang enggan disebutkan identitasnya.
Kondisi di kejarikejar hutang tersebut sudah berlangsung lama, baik dari kalangan kontraktor, Polisi, teman akrabnya.[AN/E01]

Leave a Reply