Legalitas Diragukan, FKKD Seluma Berinisiatif Bentuk APDESI

RealitaBengkulu.co.id, SELUMA – Lantaran legalitasnya diragukan maka Forum Koordinasi Kepala Desa (FKKD) Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan membentuk APDESI (Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia).
Kepada wartawan, Kepala Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan, Kirman Efendi S. Sos. Senin (31/07/2017)., menjelaskan persiapan tengah dilakukan untuk mewujudkan APDESI Seluma.
“Kita sudah melakukan koordinasi dengan DPP, DPD APDESI. Selama ini DPD APDESI sudah terbentuk, untuk kemudian di bentuk Apdesi di setiap kabupaten” kata Kirman Efendi S. Sos,.
Kirman tak membantah, rencana pembentukan APDESI sebagai jawaban atas polemik intern FKKD, apalagi masih banyaknya kades yang tak mengakui dirinya sebagai ketua FKKD periode 2016-2020.
“Sekarang masalah FKKD biarlah berlalu. Seluruh kades akan kita himpun dan bersatu serta memajukan daerah melalui wadah APDESI yang resmi dan sudah terstruktur hingga kepengurusan dan  pemerintah pusat,” katanya.
Selain Itu, melalui APDESI,nantinya juga akan dibentuk lembaga advokasi hukum untuk Kepala Desa (Kades).
“APDESI dan lambaga hukum APDESI nantinya sebagai wadah mempersatukan kades, juga jika terbentur dengan persoalan-persoalan lain,” ujarnya.
Ditambahkannya, Kepala Desa merupakan bagian dari ujung tombak pemerintahan terkecil. Hanya saja, menurutnya, selama ini kepala desa sering mendapatkan perlakuan yang kurang pas, padahal kepala desa mempunyai peranan penting.
“Sejumlah kades yang ada di Seluma sangat mendukung rencana ini, mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah terbentuk,” harapnya.
Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) adalah organisasi profesi yang dibentuk dalam rangka mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara bertahap, khususnya dalam bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintah desa, pemberdayaan masyarakat desa dan pelaksanaan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa.[AN/E01]

Comments are closed.