PAUD Yang Nyaris Roboh Ini Dapat Bantuan Menteri


RealitaBengkulu.co.id, SELUMA – Pemerintah pusat melalui kementrian terkait saat ini fokus perhatian terhadap dunia pendidikan. Salah satunya peninglkatan fasilitas bangunan sekolah.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia pada Kabinet Kerja, Puan Maharani didampingi menteri pendidikan dan Kebudayaan  Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P mengatakan, bantuan dari pemerintah nantinya akan berkelanjutan sehingga diharapkan anak-anak mendapat pendidikan yang layak, khusunya di daerah pedalaman dan terpencil. Di kabupaten Seluma, salah satunya keberadaan PAUD Melati yang berada di Kelurahan Dusun Baru Kecamatan Seluma Kota.

Meski keberadaannya dekat dengan pusat ibu kota kabupaten, namun keberadaannya masih sangat memprihatinkan. Selain persoalan tempat yang masih menumpang di eks perumahan guru SD, kondisi bangunan nyaris roboh dan minimnya fasilitas penunjang bermain dan belajar, menjadi fokus kunjungan 2 menteri tersebut ke Kabupaten Seluma.

“Kami akan merehabilitasi bangunan sekolah-sekolah meskipun tidak bisa semua sekolah. Salah satunya seperti bantuan yang kita serahkan untuk sejumlah TK/PAUD dan SD di Kabupaten Seluma. Tadi kita lihat sendiri, bangunan PAUD Melati yang ada tadi sangat tidak layak untuk anak-anak bersekolah. Bangunannya sudah sangat jelek sekali bahkan sudah mau roboh. Bahkan saya sudah meminta kepada bupati untuk memberikan lahan yang dekat dengan lokasi tersebut” kata Puan Maharani, Senin (15/05).

Puan juga mengharapkan bantuan tersebut dapat digunakan untuk merehab dan membangun gedung baru sejumlah sekolah. “Memang masalah pendidikan masih perlu banyak perhatian” sampainya.

Selain pembangunan infrastruktur, Pemerintah juga telah menyalurkan sebanyak 19 juta KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan bantuan sarana dan prasarana pendidikan lainnya.

Sementera itu, Bupati Seluma H. Bundra Jaya SH.MH mengakui jika kabupaten Seluma masih dalam kategori kabupaten paling tertinggal di provinsi Bengkulu.
“Oleh karenanya, dengan kedatangan 2 Menteri ini, kami masih butuh dana dan perhatian khusus pemerintah provinsi dan pusat. Kiranya, dengan sepulangnya dari kabupaten Seluma, Pak Menteri dan Bu Menteri dapat mengucurkan bantuan infrastruktur ke Seluma” pinta Bupati lagi.

Menurut Bundra Jaya SH.MH, pemerintah kabupaten Seluma terus mendukung program pemerintah pusat, terutama menjalankan program Nawacita Presiden Joko Widodo dan kabinet kerja.”Salah satu upaya yang telah kami jalankan dalam program pembangunan Indonesia berkelanjutan, yakni pemerataan pembangunan dari desa dan pinggiran” sampai Bundra.[AN/E01]

Leave a Reply