Petugas Temukan 180 Set Obat Kuat Ilegal Di Seluma


RealitaBengkulu.co.id, Seluma – Masyarakat diminta waspada terkait maraknya dugaan peredaran sejumlah obat kuat tanpa izin yang bebas diperjual belikan. Temuan ini berdasarkan hasil sidak Tim bersama BPPOM selama seminggu terakhir di sejumlah toko, warung yang ada di Kabupaten Seluma.

“Kecamatan Sukaraja terbanyak ditemukan peredaran obat kuat. Ada sekitar 180 set obat-obatan dari berbagai merk  yang diamankan” kata Kasi Kesehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Seluma, H. Syafri Lambau S.KM, Jumat (16/06/2017).

Sejumlah obat-obatan tersebut diantaranya merupakan obat kuat lelaki,dan penyakit dalam yang banyak diperjual belikan di warung, pasar dan tukang jamu.

Dari penelusuran kepada pedagang, obat tanpa ijin resmi dari BPPOM tersebut rata-rata di distribusikan sales dari Provinsi Lampung. Obat tanpa ijin tersebut sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama berdampak pada ginjal, dan hati.

“Untuk pemilik hanya dilakukan  tegura dan peringatan,  barang kita ambil dan ada berita acara” katanya.

Meskipun belum ada sanksi tegas berupa efek jera, namun jika nantinya penjual masih ditemukan masih menjual barang tanpa ada ijin, maka bisa dijatuhkan tindak pidana.[AN/E01]

Leave a Reply